SUARA INDONESIA JAWA TIMUR

Hasil Survei Pilkada Banyuwangi, Gus Makki Unggul Tipis dari Petahana

Muhammad Nurul Yaqin - 07 August 2024 | 12:08 - Dibaca 1.67k kali
Politik Hasil Survei Pilkada Banyuwangi, Gus Makki Unggul Tipis dari Petahana
Data hasil survei DISKA Consulting Media Riset dan Kampanye, Gus Makki unggul tipis dari Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani. (Foto: Tangkapan layar).

SUARA INDONESIA, BANYUWANGI - Jelang Pilkada Banyuwangi, DISKA Consulting Media Riset dan Kampanye melakukan survei peta elektabilitas calon kepala daerah (cakada).

Direktur DISKA Consulting Syauqi menyampaikan ada beberapa temuan menarik terkait peta elektabilitas di Banyuwangi jelang Pilkada.

Pertama, elektabilitas kandidat Cakada KH Moh. Ali Makki Zaini (Gus Makki) unggul tipis dari petahana Ipuk Fiestiandani Abdullah Azwar Anas.

Gus Makki yang merupakan Ketua PCNU Banyuwangi periode 2018-2023 ini unggul 2,2% dengan elektabilitas 45,2% dari Bupati Ipuk yang berada di angka 43,0%. Dan sisanya 11,8 persen belum menentukan pilihan.

“Jika head to head Ipuk Fiestiandani Vs Gus Makki justru petahana selisih 1,8 persen saja," kata Syauqi kepada wartawan, Selasa (6/8/2024) kemarin.

Data hasil survei ini bisa menjadi peringatan lampu kuning bagi petahana yang akan kembali maju di Pilkada 2024 nanti.

"Sebagai seorang incumbent jika dirunut-runut, sosok petahana ini idealnya seharusnya diatas 65 persen," kata Syauqi.

Ia menambahkan, proses survei ini dilakukan pada 22-29 Juli 2024 dan diikuti 500 responden serta tersebar di kecamatan sampai desa-desa se Banyuwangi.

Tolak ukur survei pada momen menjelang Pilkada Banyuwangi ini diukur melalui tingkat kepuasan masyarakat, masyarakat memilih kembali atau tidak, atau popularitas.

"Yang jelas temuan kami Gus Makki lebih unggul daripada sosok petahana yakni Ipuk Fiestiandani," tandas Syauqi.

Perlu diingat, hasil ini akan berubah kapan saja. Selanjutnya DISKA Consulting Media Riset dan Kampanye akan kembali melakukan survei politik pasca pendaftaran pencalonan bupati dan wakil bupati Banyuwangi. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya