SUARA INDONESIA JAWA TIMUR

Santri Banyuwangi Berharap Pemimpin dari Kalangan Pesantren, Doakan Gus Munib jadi Bupati

Muhammad Nurul Yaqin - 10 July 2024 | 11:07 - Dibaca 826 kali
Politik Santri Banyuwangi Berharap Pemimpin dari Kalangan Pesantren, Doakan Gus Munib jadi Bupati
Bakal Calon Bupati Banyuwangi, H. Ahmad Munib Syafa’at atau Gus Munib dikelilingi banyak santri. (Foto: Istimewa).

SUARA INDONESIA, BANYUWANGI - Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Banyuwangi, sekelompok santri dari sejumlah pondok pesantren menyuarakan harapan mereka untuk memiliki pemimpin yang berasal dari kalangan pesantren. 

Harapan ini mereka wujudkan dengan mendoakan Bakal Calon Kepala Daerah (Bacakada) H. Ahmad Munib Syafa’at, yang akrab disapa Gus Munib, untuk menjadi Bupati Banyuwangi.

Much. Hasyim, yang memimpin kelompok perwakilan santri tersebut, secara terang-terangan menyatakan dukungan mereka kepada Gus Munib. Menurut Hasyim, sosok Gus Munib merupakan figur yang tepat untuk mewakili kaum santri di pemerintahan daerah.

“Kita bersama teman-teman melihat sosok Gus Munib adalah calon Bupati yang benar-benar mewakili kaum santri. Dimana kesantrian serta pengetahuan beliau tidak diragukan,” ujarnya, Rabu (10/7/2024).

Tidak hanya memberikan dukungan moral, para santri juga berupaya mengenalkan sosok Gus Munib ke masyarakat luas. Selama dua bulan terakhir, Hasyim dan kawan-kawannya telah aktif melakukan sosialisasi di berbagai kalangan, termasuk di antara kaum milenial. Hasilnya, Gus Munib diterima dengan baik oleh masyarakat, bahkan di luar kalangan santri.

“Alhamdulillah, beliau banyak diterima di berbagai kalangan, terutama milenial,” kata Hasyim setelah bertemu Gus Munib di kediamannya.

Hasyim terkejut ketika mendapati bahwa Gus Munib, yang berasal dari Ponpes Darussalam Blokagung, juga dikenal dan diterima di kalangan yang lebih luas. 

“Saya pernah masuk menawarkan ke anak yang sering nongkrong di perempatan, ternyata mereka juga mengetahui Gus Munib meski tidak mengenal secara langsung,” ungkapnya.

Salah satu harapan besar yang diutarakan oleh santri dan pemuda Banyuwangi adalah penciptaan lapangan pekerjaan. 

“Saya pribadi berharap ketika beliau jadi Bupati, bisa menciptakan lapangan pekerjaan di Banyuwangi, sehingga bisa mengurangi angka pengangguran,” tambah Hasyim.

Saat dikonfirmasi, Gus Munib mengaku terharu dengan dukungan yang diberikan oleh masyarakat, terutama dari kalangan santri.

“Saya gak nyangka, sampai segitunya dukungan masyarakat,” ujar Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini.

Gus Munib berkomitmen untuk terus mendengarkan harapan masyarakat, baik di sektor pendidikan, ekonomi, pertanian, perikanan, maupun UMKM. “Kita hampir setiap hari jalan, mendengarkan apa yang menjadi harapan masyarakat, sehingga nanti ketika saya ditakdirkan jadi, kita tinggal mencari solusinya,” ucapnya.

Gus Munib juga berpesan kepada semua pendukung dan loyalisnya untuk tetap menjaga keamanan dan ketentraman menjelang Pilkada. Dengan dukungan yang kuat dari kalangan santri dan masyarakat, Gus Munib berharap dapat membawa perubahan positif bagi Banyuwangi.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV