SUARA INDONESIA JAWA TIMUR

Polres Situbondo Kawal Aksi Damai Mahasiswa Tolak Wacana Bangun Wisata Karaoke

Syamsuri - 14 June 2024 | 19:06 - Dibaca 497 kali
Peristiwa Polres Situbondo Kawal Aksi Damai Mahasiswa Tolak Wacana Bangun Wisata Karaoke
Sekretaris Daerah Wawan Setiawan dan Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto, saat menemui mahasiswa yang unjuk rasa. (Foto: Syamsuri/Suaraindonesia.co.id)

SUARA INDONESIA, SITUBONDO - Ratusan personel dari Kepolisian Resort Situbondo mengawal aksi unjuk rasa yang dilakukan aktivis mahasiswa yang tergabung dalam PMII STKIP PGRI Situbondo. Mahasiswa menolak wacana eks lokalisasi yang akan dijadikan wisata karaoke.

Aksi unjuk rasa yang berlangsung di Kantor Pemerintah Kabupaten Situbondo (Pemkab) dan Disparpora Kabupaten Situbondo, Jumat (14/06/2024).

Dalam aksinya, mahasiswa meminta pemerintah daerah tegas menolak wacana lokalisasi Gunung Sampan menjadi wisata karaoke. Karena menurut mereka hal itu sudah tidak sesuai dengan jargon Situbondo sebagai Kota Santri.

Sekda Kabupaten Situbondo, Wawan Setiyawan yang menemui peserta aksi menegaskan terkait peredaran miras, tidak ada ruang secara formal untuk para pelaku jual beli miras di Kabupaten Situbondo.

Bahkan pihaknya terus melakukan operasi dengan menggandeng pihak kepolisian dan TNI, baik terkait miras, prostitusi maupun karaoke. Ini sebagai upaya pengendalian. "Ini komitmen pemerintah daerah demi Situbondo yang kondusif," kata Wawan.

Di lain pihak, Kadis Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Situbondo, Puguh Wardoyo menjelaskan, pihaknya telah melakukan hearing dengan DPRD Kabupaten Situbondo dan menyatakan tidak ada yang melegalkan wisata karaoke atau izin tempat karaoke.

Sementara itu, Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto mengatakan, dalam aksi unjuk rasa hari ini Polres Situbondo menurunkan lebih dari 100 personel gabungan guna mengamankan pelaksanaan unjuk rasa yang dilakukan oleh Pengurus Komisariat PMII STKIP PGRI Situbondo dengan tim negosiator Satbinmas dan Polwan Polres Situbondo.

"Hal ini kita lakukan untuk mewujudkan Kamseltibcar bagi pengendara kendaraan bermotor yang melintas sekaligus memberikan rasa aman dan nyaman kepada massa yang melakukan aksi unjuk rasa,” ucap AKBP Dwi Sumrahadi didampingi Kabag Ops Kompol Slamet Santoso.

Setelah menyampaikan aspirasi dan kegiatan selesai sekira pukul 10.55 WIB, peserta aksi membubarkan diri meninggalkan Kantor Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Situbondo dengan tertib.

“Alhamdulillah aksi berjalan damai dan tertib, kami dari Kepolisian Resor Situbondo menyampaikan terima kasih kepada seluruh Pengurus Komisariat PMII STKIP PGRI Situbondo,” pungkasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Syamsuri
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV