SUARA INDONESIA JAWA TIMUR

Kuliah 2,5 Tahun di BINUS Malang, Semakin Siap Berkarier

Redaksi - 14 June 2024 | 16:06 - Dibaca 391 kali
Pendidikan Kuliah 2,5 Tahun di BINUS Malang, Semakin Siap Berkarier
Gambar ilustrasi: Sejumlah mahasiswa BINUS Malang. (Foto: istimewa)

SUARA INDONESIA, MALANG - BINUS @Malang menawarkan dengan jangka waktu 2,5 tahun saja, mahasiswa bisa langsung gapai karir lebih awal melalui enrichment program. Program ini diluncurkan sebagai respons terhadap isu nasional terkait banyaknya angkatan tenaga kerja yang menganggur.

Dalam data Badan Pusat Statistik (BPS) per tahun 2022, tingkat pengangguran terbuka (TPT) di Jawa Timur sudah mencapai 5,49 persen. Meski sudah menurun dari tahun ke tahun, upaya berkelanjutan untuk menguranginya tetap penting. Melihat data tersebut, terbukti bahwa Indonesia sebenarnya punya tantangan yang cukup kronis di bidang ini. 

Hambatan penyerapan tenaga kerja ini bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya ketidaksesuaian bidang studi dengan kebutuhan pasar zaman sekarang sampai ketidaksesuaian jumlah lapangan pekerjaan dengan total angkatan siap kerja.

BINUS UNIVERSITY sebagai Perguruan Tinggi Indonesia berkelas dunia, tidak tinggal diam melihat adanya permasalahan tersebut di masyarakat. Lantas, hadirlah penawaran bahwa mahasiswa bisa #MulaiLebihAwal berkarir hanya dalam waktu 2,5 tahun kuliah melalui enrichment program. 

Ada tujuh program di dalamnya, meliputi research, entrepreneurship, internship, further, study, study abroad, community development, dan specific independent study. 

2,5 Tahun Kuliah, Langsung Gapai Karir: Singkat sekaligus Aplikatif

“Kami merasa dunia pendidikan di Indonesia perlu program dengan durasi waktu yang seimbang antara pemerolehan pengetahuan baru dan kesiapan untuk mengaplikasikan skill dan pengetahuan teori di industri. Dan untuk menjawab tantangan tersebut, kami menawarkan 2,5 Tahun Kuliah, langsung gapai karir,” tutur Direktur kampus BINUS @Malang, Dr. Robertus Tang Herman tentang alasan di balik program enrichment dan 2,5 tahun bisa langsung gapai karir.

Mahasiswa yang mengikuti program ini akan mendapatkan pengalaman praktikal yang sangat bermanfaat di lingkungan kerja mendatang. Di sisi lain, para alumni juga tetap mempunyai ruang untuk melanjutkan studi, baik di dalam maupun luar negeri. 

Meski singkat, Dr. Robertus Tang Herman mengatakan bahwa pendidikan yang didesain berdasarkan kondisi zaman seharusnya menjadi solusi aplikatif diantara berbagai pilihan lainnya.

Digital Technopreneur Campus

Bukan hanya menghadirkan program enrichment yang dapat ditempuh dalam waktu 2,5 tahun saja, namun juga fokus terhadap pemenuhan SDM pada bidang Digital Technopreneur. BINUS @Malang memiliki komitmen kuat dalam berkontribusi mengembangkan Digital Technology dan Entrepreneurship. 

Tak heran, kampus ini hadir dengan prodi yang berbasis digital teknologi yang mencetak lulusan yang siap menjadi seorang technopreneur. Jurusan-jurusan tersebut adalah Visual Communication Design, informatics, Business Creation, Public Relations, Communications, Interior Design, Digital Business Innovation dan Interactive Desain Technlogy.

Program BINUS Sejalan dengan RPJD Jawa Timur

Program enrichment yang diselenggarakan oleh kampus BINUS @Malang sejalan dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJD) Jawa Timur 2025-2045. Dalam RPJD tersebut disebutkan bahwa prioritas mereka adalah meningkatkan kualitas sumber daya manusia, mengingat angka pengangguran di Jawa Timur masih tinggi, yaitu dua digit.

Pemerintah Provinsi Jawa Timur sendiri menargetkan tahun 2025 hingga 2030 jumlah pengangguran akan turun di bawah angka 9 koma. Target yang ambisius tersebut bisa dicapai apabila masyarakat menempuh pendidikan di kampus BINUS @Malang. Dengan waktu 2,5 tahun saja, pengetahuan, pengalaman, dan daya saing di pasar pun akan meningkat karena BINUS @Malang menawarkan mahasiswa untuk bisa menggapai karir lebih awal.

Tersedia Beasiswa hingga 100 persen

Tak hanya menawarkan program yang solutif merespons kebutuhan pasar, BINUS @Malang juga mempunyai program beasiswa bagi calon mahasiswa yang ingin gapai karir lebih awal hanya dalam waktu 2,5 tahun kuliah melalui enrichment program. 

Beasiswa yang ditawarkan adalah potongan hingga 100 persen untuk biaya program perkuliahan singkat ini. Informasi selengkapnya tersedia di https://binus.ac.id/gapaikariermu/.

Untuk mendapatkan info lebih lengkap mengenai syarat dan ketentuan mengajukan beasiswa, calon mahasiswa harap mengisi identitas, berupa nama lengkap, nomor handphone, email, pendidikan terakhir (bisa 10, 11, 12 SMA, S1, S2, dan S3), provinsi sekolah, nama sekolah, ketertarikan program studi yang akan ditempuh, dan pilihan kampus BINUS yang akan dituju.

Program enrichment dari BINUS @Malang hadir untuk merespons kebutuhan pasar akan SDM yang berkualitas serta berdaya saing penuh. Dibuka untuk lulusan SMA hingga perguruan tinggi, program ini mampu memberikan bekal praktikal yang akan sangat berguna di lingkungan bisnis internasional maupun menyiapkan calon entrepreneur sukses. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV