SUARA INDONESIA JAWA TIMUR

Pemkab Bondowoso Lewat BSBK Trial AMP di Beberapa Titik Jalan Rusak

Bahrullah - 19 June 2024 | 20:06 - Dibaca 315 kali
Advertorial Pemkab Bondowoso Lewat BSBK Trial AMP di Beberapa Titik Jalan Rusak
Pld Dinas BSBK mendampingi PJ Bupati Bondowoso saat meninjau Trial di salah satu titik jalan rusak (Foto Istimewa)

SUARAINDONESIA,BONDOWOSO- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso lewat Dinas Bina Marga Sumber Daya Air dan Bina Konstruksi (BSBK) melakukan uji coba (Trial) unit produksi campuran aspal atau Asphalt Mixing Plant (AMP) di beberapa jalan rusak.

Trial yang dilakukan di Kecamatan Pujer dan Tegalampel yang memang keadaan jalannya cukup parah.

Jenis hotmix yang di uji coba, berupa Asphalt Concrete Binder Course (AC-BC), Asphalt Concrete Wearing Course (AC-WC) dan Hot Roller Sheet (HRS).

Plt Kepala Dinas BSBK Bondowoso, Ansori menyampaikan, sampai saat ini masih ada Dua AMP yang diterima untuk trial uji spesifikasi material.

"yakni, AMP PT. MBI dan PT. Sunan Muria. Adapun kriterianya sesuai dengan spesifikasi teknis tahun 2018 dan yang di trial ini, meliputi 3 aspek," katanya, Rabu (19/06/2024).

Ansori menerangkan, ada 3 syarat teknis yang harus dipenuhi, meliputi ACWC, ACBC dan HRSWC yang memiliki spek ketebalan aspal berbeda.

Menurutnya, bila masih bisa memenuhi spesifikasi teknis pengaspalan, pihak Asphalt Mixing Plant (AMP), masih bisa melakukan trial atau uji coba ulang hingga memenuhi kriteria spesifikasi teknis yang dibutuhkan.

"Ketika 3 aspek tersebut tidak masuk dalam spesifikasi teknis pada trial, ya tidak kita pakai dan diganti pada AMP yang lain atau dapat mengulang hingga speknya memenuhi syarat," jelasnya.

Untuk diketahui ,ulasan pengertian dari Asphalt Mixing Plant (AMP) merupakan kontraktor pengaspalan hotmix yang menyediakan layanan jasa pengaspalan dan kontraktor jalan.

Sementara ,untuk Asphalt Concrete-Wearing Course, (AC-WC) atau lapisan penutup yang bisa disebut alas beton atau laston yang dipadatkan dalam kondisi panas.

Asphalt Concrete-Binder Course (AC-BC), berada di susunan kedua merupakan bagian dari lapisan aspal beton pada konstruksi jalan yang terdiri dari campuran aspal keras dan agregat.

Adapun, Hot Rolled Sheet (HRSWC) adalah salah satu campuran aspal dengan agregat seperti halnya campuran aspal beton pada umumnya namun, mempunyai kelebihan khusus yaitu sifat elastisitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan campuran aspal lainnya yang menempati urutan setelah AC-WC dan AC-BC. (ADV)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Bahrullah
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV