SUARA INDONESIA JAWA TIMUR

Ketua DPRD Trenggalek Apresiasi Capaian Predikat WTP Tahun Anggaran 2023

Rudi Yuni - 02 May 2024 | 17:05 - Dibaca 482 kali
Advertorial Ketua DPRD Trenggalek Apresiasi Capaian Predikat WTP Tahun Anggaran 2023
Ketua DPRD Trenggalek saat menerima catatan nota hasil LHP BPK. (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, TRENGGALEK- Pemerintah Kabupaten Trenggalek kembali menerima penghargaan. Kali ini melalui Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Jatim.

Kabupaten Trenggalek sendiri berhasil mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Raihan positif atas laporan keuangan ini merupakan yang ke delapan kali secara berturut-turut sejak tahun 2016 lalu.

Ketua DPRD Trenggalek Samsul Anam menyampaikan rasa syukur atas prestasi Kabupaten Trenggalek tersebut. "Ini menjadi yang ke delapan kali secara berturut-turut sejak tahun 2016. Ini merupakan capaian yang harus dipertahankan," kata Samsul, Kamis (2/5/2024).

Samsul juga menyampaikan apresiasi sekali untuk yang ke-8 kalinya secara berturut turut Pemerintah Kabupaten Trenggalek mendapatkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Trenggalek tahun 2023.

Harapannya, ke depan ada stabilitas dan transparansi dalam penyusunan APBD, sekaligus pelaksanaannya. "Kemudian, kami juga berharap, saudara bupati bisa memacu kinerja OPD-OPD, sehingga WTP bisa terus tercapai untuk Kabupaten Trenggalek di tahun yang akan datang," harapnya.

Sementara itu, Plt Inspektur Kabupaten Trenggalek Anik Suwarni menambahkan, upaya yang dilakukan adalah melaksanakan pengelolaan keuangan yang semakin baik. Semakin sesuai dengan tata kelola yang benar. Kemudian menyiapkan segala sesuatunya mulai dari administrasi, perencanaan dan pelaksanaan sampai pada pelaporan.

Sehingga sebelum BPK hadirpun, "data-data sudah dipersiapkan sehingga semua sudah sesuai progres before dan after. Dengan begitu semakin kesini kita bisa melakukan kegiatan yang dilaksanakan dan dapat melaporkan sesuai dengan pelaksanaan dan tepat waktu, " lanjutnya.

Kemudian kualitas juga semakin diutamakan. Lebih-lebih saat ini semua program harus berdampak. Semua sesui dengan pakem dari RPJMD, kemudian RKPD dan kemudian sampai kepada seluruh kegiatan harus tevak lurus pada RPJMD.

Sehingga yang ditayangkan, data-data yang disajikan kepada BPK tidak menjadi sesuatu yang membingungkan. Kita ada suatu proses yang mensupport dan semakin mudah untuk mentelesaikannya.

"Jika ada temuan, kita bisa langsung selesaikan dengan berproges untuk diselesaikan. Sehingga dari tahun ke tahun ada progres menyelesaikan," tutup perempuan yang menjabat Asisten Administrasi Umum Sekda Trenggalek itu.

Perlu diketahui Kabupaten Trenggalek kembali raih Predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 8 kali berturut-turut sejak tahun 2016 sesuai Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Trenggalek tahun 2023.

Predikat ini disampaikan langsung Kepala Perwakilan BPK Jatim, Karyadi kepada Wakil Bupati Trenggalek, Syah Muhammad Natanegara dan Ketua DPRD Trenggalek, Samsul Anam di ruang Auditorium BPK Perwakilan Jawa Timur. (ADV)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Rudi Yuni
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV