SUARA INDONESIA JAWA TIMUR

Lestarikan Budaya, Tari Topeng Jatiduwur Dipentaskan di Matsama MAN 9 Jombang

Gono Dwi Santoso - 19 July 2024 | 20:07 - Dibaca 1.60k kali
Pendidikan Lestarikan Budaya, Tari Topeng Jatiduwur Dipentaskan di Matsama MAN 9 Jombang
Pementasan ektra kurikuler tari topeng Jatiduwur di MAN 9 Jombang saat kegiatan Matsama, Jumat (19/07/2024). (Foto: Gono Dwi Santoso/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, JOMBANG - Kegiatan Masa Ta'aruf Siswa Madrasah (Matsama) di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 9 Jombang disajikan dengan cara berbeda. Siswa menampilkan tari topeng Jatiduwur yang sekaligus menjadi sarana melestarikan warisan budaya tak benda, Jumat (19/07/2024).

Wakil Humas MAN 9 Jombang Ika Kurniati mengatakan, kegiatan Matsama ini sudah dilakukan selama tiga hari. Kegiatan dimulai dengan kirab pelajar moderat menggunakan pakaian adat, dilanjutkan dengan yel-yel pelajar moderat.

"Kemudian performance ekstrakurikuler di sekolah yang dibawakan oleh siswa. Mulai drumband, tari remo, bela diri, hingga pementasan tari topeng yang merupakan kearifan lokal Desa Jatiduwur," terangnya.

Menurutnya, dengan mementaskan semua ekstrakurikuler yang ada di MAN 9 Jombang, maka diharapkan dapat mencetak generasi yang mandiri dengan kreativitas dan inovasinya.

"Ini terbukti ada hasil karya, yakni batik mangga yang menjadi ikon kami di tahun 2024 ini. Batik mangga karya siswa MAN 9 Jombang sudah dirintis sejak Oktober 2023 lalu," pungkasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya