SUARA INDONESIA JAWA TIMUR

Perpustakaan Keliling Semarakkan Hari Buku Sedunia di SDN Glagahan 1 Perak Jombang

Gono Dwi Santoso - 23 April 2024 | 11:04 - Dibaca 1.09k kali
Pendidikan Perpustakaan Keliling Semarakkan Hari Buku Sedunia di SDN Glagahan 1 Perak Jombang
Peringati Hari Baca Buku Sedunia, siswa di SDN Glagahan 1 Perak Jombang saat membaca buku dari Perpustakaan Keliling Jombang, Selasa (23/04/2024). (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, JOMBANG -Memeringati Hari Buku Sedunia, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Jombang mengadakan program perpustakaan keliling ke SDN Glagahan 1 Perak Jombang, Selasa (23/04/2024). 

Kegiatan ini disambut antusias oleh puluhan siswa yang mengantre untuk meminjam buku bacaan. Bahkan, mereka sampai rela menunggu datangnya mobil perpustakaan keliling.

Menurut Zulfikar Damam Ikwanto, salah satu staf Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Jombang, dalam satu bulan, program ini menjangkau 32 lembaga, baik sekolah umum maupun sekolah di bawah naungan Kementerian Agama, serta pondok pesantren di seluruh Kabupaten Jombang.

"Program ini rutin dilakukan selama empat hari dalam seminggu, dengan menyasar sekolah-sekolah negeri dan madrasah di wilayah Jombang. Setiap harinya, dua mobil perpustakaan keliling diberangkatkan untuk mengunjungi dua lembaga," jelas Zulfikar.

Lebih lanjut, ia menerangkan, di setiap lokasi yang dikunjungi, tim dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Jombang terlebih dahulu memberikan motivasi kepada anak-anak, kemudian membuka mobil perpustakaan untuk dinikmati oleh para siswa.

"Anak-anak juga diberikan tugas untuk merangkum buku yang telah dibaca. Diharapkan dengan kegiatan literasi ini, minat baca siswa semakin meningkat dan mereka semakin gemar membaca buku," paparnya.

Zulfikar mengatakan, antusiasme yang tinggi dari para siswa terhadap program perpustakaan keliling ini membuat Zulfikar optimistis bahwa kegiatan literasi seperti ini sangat bermanfaat, terutama bagi sekolah-sekolah yang memiliki koleksi buku perpustakaan yang minim.

"Artinya kegiatan literasi semacam ini betul-betul diperlukan dan sangat membantu pihak sekolah," terangnya.

Dia menjelaskan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Jombang memiliki dua unit armada perpustakaan keliling, namun jumlah sekolah yang ingin dikunjungi sangatlah banyak.

"Di Kabupaten Jombang, terdapat 500 sekolah dasar, belum lagi madrasah, pondok pesantren, dan lembaga lainnya yang harus dikunjungi. Mengingat animo siswa yang sangat antusias, kami berharap kedepannya armada perpustakaan keliling dapat ditambah," harapannya.

Zulfikar menambahkan, kegiatan perpustakaan keliling ini merupakan salah satu upaya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Jombang untuk meningkatkan minat baca masyarakat, khususnya di kalangan pelajar.

"Diharapkan dengan membaca buku, wawasan dan pengetahuan para siswa akan semakin luas," tutupnya.(*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV