SUARA INDONESIA JAWA TIMUR

Dinas PU Pengairan Banyuwangi Galakkan Program Air Bersih ke Desa-desa

Muhammad Nurul Yaqin - 18 May 2024 | 14:05 - Dibaca 1.18k kali
News Dinas PU Pengairan Banyuwangi Galakkan Program Air Bersih ke Desa-desa
Layanan penyediaan air bersih terus dilakukan Dinas PU Pengairan Banyuwangi. (Foto: Istimewa).

SUARA INDONESIA, BANYUWANGI – Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Pengairan Banyuwangi terus menggalakkan program air bersih ke pelosok desa. 

Program ini bertujuan untuk memastikan ketersediaan air bersih bagi seluruh warga, terutama di sejumlah wilayah yang rawan mengalami kesulitan akses air bersih.

“Program ini memang kita fokuskan untuk daerah-daerah yang rawan kekurangan akses air bersih,” ujar Kepala Dinas PU Pengairan Banyuwangi Guntur Priambodo melalui Sekretaris Dinas Riza Al Fahrobi, Sabtu (18/5/2024).

Ia menyebut, data yang dihimpun dinas, adapun wilayah yang masuk rawan air bersih seperti Kecamatan Licin, Tegaldlimo, dan Siliragung.

Di wilayah tersebut DPU Pengairan memanfaatkan potensi yang ada di wilayah sekitar. Seperti di Licin, dinas memanfaatkan air bersih yang berasal dari sumber permukaan dengan gravitasi.

Sementara Kawasan yang ada di Tegaldlimo termasuk pula di Siliragung, dinas menggunakan pengeboran.

“Ini ada mapping dari kita yang menunjukkan beberapa daerah rawan air bersih, kita mencoba untuk mengintervensi supaya masyarakat lebih bisa mengakses air bersih,” jelas Riza.

Riza menambahkan, program ini merupakan bagian dari komitmen pemerintah daerah untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Air bersih adalah kebutuhan dasar yang harus dipenuhi. 

“Dengan program ini, kami berharap dapat mengurangi angka penyakit yang disebabkan oleh kualitas air yang buruk dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat," ujarnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya