SUARA INDONESIA JAWA TIMUR

Lapas Jombang Terima Supervisi Layanan TBC dari Dinas Kesehatan Jombang

Gono Dwi Santoso - 23 April 2024 | 16:04 - Dibaca 576 kali
Kesehatan Lapas Jombang Terima Supervisi Layanan TBC dari Dinas Kesehatan Jombang
Lapas Kelas IIB Jombang menerima supervisi layanan TBC dari Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang, Selasa (23/04/2024). (Foto: Lapas Kelas IIB Jombang untuk Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, JOMBANG- Demi mendukung program pengendalian dan pencegahan TBC, Lapas Kelas IIB Jombang menerima supervisi layanan TBC dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Selasa (23/04/2024).

Kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi layanan Pencegahan dan Pengendalian TBC yang diberikan oleh Klinik kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan memberikan materi pencatatan dan pelaporan melalui Sistem Informasi Tuberkulosis (SITB).

Dalam kegiatan tersebut, tim supervisi Dinkes Jombang yang dipimpin Dyar Ayu, Technical Officer GF-TB, melakukan evaluasi terhadap langkah-langkah yang telah diambil dalam menangani TBC di dalam Lapas.

Termasuk juga memeriksa jumlah pasien TBC yang sedang dirawat, memastikan bahwa pengobatan mereka berjalan dengan baik dan mengawasi pemantauan minum obat TBC.

Menurut Kasi Binadik dan Giatja Lapas Kelas IIB Jombang RD Epa Fatimah, pihaknya siap mendukung program pencegahan TBC dengan memberikan layanan upaya pengendalian dan pencegahan TBC bagi WBP.

"Hal ini merupakan wujud dukungan klinik dalam upaya pengendalian dan pencegahan TBC di wilayah Kabupaten Jombang," paparnya.

Sementara itu, Kalapas Kelas IIB Jombang, Margono, menyambut baik kegiatan supervisi ini. Menurutnya, berbagai upaya harus dilakukan untuk menjaga kesehatan para WBP.

"Sesuai dengan arahan Kakanwil Kemenkumham Jatim, bahwa sinergitas antar instansi menjadi kunci penting dalam keberhasilan meraih hasil kinerja yang optimal," jelasnya.

Kegiatan ini diharapkan dapat membantu memperbaiki kualitas layanan TBC dan memastikan bahwa setiap kasus TBC dapat terdeteksi dan diobati secara tepat dan cepat. Dengan demikian, diharapkan dapat menurunkan angka kejadian TBC di wilayah tersebut.(*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV