SUARA INDONESIA JAWA TIMUR

Harga Cabai Makin Pedas, di Pasar Legi Jombang Tembus Rp 80 Ribu per Kilogram

Gono Dwi Santoso - 29 July 2024 | 15:07 - Dibaca 1.38k kali
Ekbis Harga Cabai Makin Pedas, di Pasar Legi Jombang Tembus Rp 80 Ribu per Kilogram
Rahayu saat melayani pembeli cabai di pasar legi Jombang,Senin (28/07/2024).( Foto : Gono Dwi Santoso/ Suara Indonesia).

SUARA INDONESIA, JOMBANG- Sepekan terakhir, harga cabai di Pasar Legi Jombang terpantau merangkak naik. Di pedagang, harga cabai mencapai Rp 80 ribu per kilogram. Sedangkan cabai merah besar menurun, dari sebelumnya Rp 35 ribu menjadi Rp 30 ribu, Senin (28/07/2024).

Rahayu, pedagang sayuran di Pasar Legi Jombang mengatakan, sepekan terakhir ini harga cabai mulai merangkak naik. "Semula harga di kisaran Rp 65 ribu sekarang harganya Rp 80 ribu per kilogram. Mungkin naiknya karena pasokan cabai berkurang dan petani gagal panen," terangnya.

Rahayu menjelaskan, untuk kenaikan harga cabai ini bertahap mulai Rp 65 ribu, naik lagi Rp 75 ribu dan hari ini di angka Rp 80 ribu.

"Diperkirakan harga cabai akan terus naik, mengingat pasokan berkurang di pasar. Untuk pembeli tidak ada keluhan dan sudah terbiasa akan fenomena kenaikan harga bumbu dapur ini, terutama cabai," paparnya.

Menurutnya, selain cabai yang mengalami kenaikan, harga tomat juga sama. Dari sebelumnya Rp 4.000 sekarang Rp 6.000. Sementara harga sayur mayur lainnya masih fluktuatif.

"Harga bawang putih tetap Rp 35 ribu, bawang merah turun semula Rp 30 ribu sekarang Rp 20 ribu. Dan yang mengalami kenaikan signifikan yaitu cabai," pungkasnya.

Seorang pembeli cabai, Ika Intan menuturkan, meski harga cabai naik ia terpaksa membeli karena memang butuh untuk bumbu dapur.

Meski demikian, jumlahnya dikurangi. Jika biasanya sekilo, sekarang hanya setengahnya. "Harus memutar otak bagaimana bisa tercukupi kebutuhan. Jadi pembeliannya dikurangi," tutupnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya