Kawasan Wisata di Probolinggo Difungsikan Sebagai Tempat Karantina Covid-19 Agar Pemudik Tak Stres

Kawasan Wisata di Probolinggo Difungsikan Sebagai Tempat Karantina Covid-19 Agar Pemudik Tak Stres
Kesehatan
Wisata Kampoeng Hati Desa Gading Wetan Kabupaten Probolinggo Kini Berfungsi Sebagai Tempat Karantina Pemudik

PROBOLINGGO - Selamat datang di lokasi wisata Kampoeng Hati, begitu tulisan pada papan kayu di pintu masuk kawasan itu. 

Namun liputan kita kali ini bukan untuk menelusuri lokasi wisata, melainkan untuk melihat lebih jauh fasilitas tempat karantina Covid-19, di Desa Gading Wetan, Keecamatan Gading, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Tempat ini memang sebuah lokasi wisata, tapi terpaksa ditutup sementara karena dampak penyebaran Covid-19 beberapa waktu lalu. 

Agar tak terbengkalai, pihak desa akhirnya mengalihkan fungsi lokasi wisata itu, menjadi tempat karantina bagi warga setempat yang pulang mudik dari luar daerah Kabupaten Probolinggo.

Tempat ini memiliki empat gedung yang bisa menampung hingga 150 pemudik. Agar warga karantina tidak stres dan bosan, pengelola menyiapkan sejumlah fasilitas dan pelayanan. 

Seperti perpustakaan, jaringan internet, sarana hiburan dan olahraga, dapur bersih dan tentu sebuah landsape panorama alam yang indah dan asri.

Kepala Desa Gading Wetan, Supriyono, menyebut penempatan karantina di kampung wisata itu, merupakan inisiatif warga dan tokoh desa setempat. 

"Tujuannya agar warga Desa Gading Wetan yang pulang dari perantauan, mau menjalani karantina secara sukarela. Agar mereka tanpa beban psikologis menjalani karantina sebelum kembali ke keluarganya," kata Supriyono, Sabtu (18/04/2020).

Di tempat karantina itu, seorang mahasiswi yang baru pulang dari Daerah Istimewa Yogyakarta, Mutiara, bercerita jika awalnya ia merasakan stres dan takut saat hendak masuk ke tempat karantina. 

Namun setelah mengetahui tempat karantinanya nyaman dan indah, ia pun justru betah menjalani karantina selama 14 hari.

"Mulanya sih ragu-ragu mau dikarantina disini. Tapi lihat pemandangan dan fasilitasnya yang nyaman, akhirnya betah juga. Karantina ini baik untuk saya dan keluarga, agar tidak tertular virus corona," ucap Mutiara.

Sementara Camat Gading, Taufik Alami, mengatakan tempat karantina di kampung wisata itu, merupakan salah satu percontohan bagi desa lainnya.

"Sebenarnya beberapa desa juga memiliki sarana prasarana yang baik, meskipun tak harus lokasi wisata seperti di Desa Gading Wetan ini. Ini hanya percontohan di Kabupaten Probolinggo," tandas Taufik.

Karantina mandiri di tingkat desa ini, merupakan langkah Pemkab Probolinggo untuk memaksimalkan upaya pencegahan penyebaran Covid-19, utamanya bagi pemudik yang datang dari luar daerah.

Simak video berikut:


Kontributor : Lutfi Hidayat
Editor : Imam Hairon
Publisher : Aulia Fasha
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar