Warga Positif Corona di Probolinggo Bertambah Empat Orang Dalam Sehari

Warga Positif Corona di Probolinggo Bertambah Empat Orang Dalam Sehari
Peristiwa Daerah
Ilustrasi Covid-19 dan Infografis Kasus Virus Corona di Kabupaten Probolinggo (Repro).

PROBOLINGGO - Sebaran kasus virus corona di Kabupaten Probolinggo kian cepat. Dalam sehari, empat orang warga dikonfirmasi positif terinfeksi Covid-19.

Empat tambahan positif virus corona itu masih orang dekat dan keluarga dari kasus positif sebelumnya.

Yakni tiga orang di Desa Bayeman, Kecamatan Tongas dan satu orang dari Desa Jabungsisir, Kecamatan Paiton.

Tambahan kasus positif virus corona itu, dilaporkan tim Satgas Covid-19 Kabupaten Probolinggo melalui infografis. 

Jubir Satgas Covid-19, dr. Anang Budi Yoelijanto, menyebut ada tambahan empat orang positif virus corona. Dengan total kasus positif Covid-19 sebanyak 15 orang.

Tim Satgas Covid-19, dalam rilis resminya menyayangkan upaya isolasi mandiri terhadap ODP peserta pelatihan petugas haji Embarkasi Surabaya, tidak dilakukan dengan baik. 

Pemerintah Kabupaten Probolinggo, dalam hal ini tim Satgas Covid-19 menuding warga yang diisolasi masih melakukan aktivitas dan komunikasi dengan keluarga dekat. 

"Kita waktu itu sudah mengantiisipasi dengan melakukan rapid test awal, tetapi awalnya negatif. Kemudian kita minta mereka melakukan isolasi mandiri. Nah, masalahnya ternyata isolasi mandiri ini tidak dijalankan dengan baik," tulis dr. Anang, dalam rilis resminya, Kamis (06/04/2020).

Pemkab Probolinggo saat ini kembali merunut ulang terhadap orang yang pernah melakukan kontak dengan warga positif corona, termasuk akan melakukan rapid test dan pemeriksaan swab kepada mereka.

Jika kembali mendapati kasus positif corona, maka orang tersebut termasuk orang yang pernah melakukan kontak, langsung diisolasi dan ditarik ke rumah pengawasan.

Sayangnya, hingga saat ini rumah pengawasan itu tidak dijelaskan dengan detil, apakah tempat karantina, rumah warga sendiri atau rumah sakit.

Hingga Kamis sore (16/04/2020), kasus Covid-19 di Kabupaten Probolinggo sebanyak 322 ODP, 19 orang PDP dan 15 orang positif terpapar virus corona.

Simak video berikut:


Kontributor : Lutfi Hidayat
Editor : Imam Hairon
Publisher : Aulia Fasha
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar